cover
Contact Name
Dedi Junaedi
Contact Email
dedijunaedi@laaroiba.ac.id
Phone
+628118114379
Journal Mail Official
dedijunaedi@laaroiba.ac.id
Editorial Address
Pusat Riset dan Kajian Strategis (PRKS) Fakultas Syariah Institut Agama Islam (IAI) Nasional Laa Roiba Bogor Jl Raya Pemda Pajeleran Sukahati No 41 Cibinong, Bogor 16913
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
ISSN : 26562871     EISSN : 26564351     DOI : https://doi.org/10.47467/alkharaj
Core Subject : Economy, Social,
AL-KHARAJ: The Journal of Islamic Economics, Finance & Business is a scientific journal published by the Center for Research and Strategic Studies (PRKS) of the Institute of Islamic Religion (IAI) National Laa Roiba Bogor. This journal contains scientific papers from academics, researchers and practitioners in research on Islamic economic, financial and business issues.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan " : 20 Documents clear
Analisis Kompetensi Entrepreneurial, Strategi Kewirausahaan dan Modal Sosial terhadap Kinerja Usaha pada UMKM Mebel di Kota Surabaya Onky Anugerah Susanto; Gendut Sukarno
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.32 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.713

Abstract

Produk furnitur Indonesia berdaya saing karena tidak saja Indonesia memiliki sumber bahan baku alami yang melimpah dan berkelanjutan, namun juga didukung oleh keragaman corak dan desain yang berciri khas lokal serta ditunjang oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup kompeten. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi entrepreneurial, strategi kewirausahaan, dan modal sosial terhadap kinerja usaha pada UMKM Mebel di Kota Surabaya.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengusaha di Jalan Semarang Kota Surabaya sejumlah 50 orang. Kemudian teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti yaitu non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah yaitu 50 orang Pengusaha UMKM Mebel di Jalan Semarang Kota Surabaya. Data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder. Sedangkan analisis yang dipergunakan adala Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kompetensi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha; 2) strategi kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha; dan 3) modal sosial berpengaruh positif terhadap kinerja usaha.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Produksi PT Harapan Sejahtera Karya Utama Sidoarjo Rizki Agung Pradana; Bowo Santoso
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.966 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.714

Abstract

Era neoliberal memberikan dampak pada persaingan dalam segala bidang menjadi sangat krusial, khususnya pada bidang perekonomian. Segala upaya dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang layak dari produk atau jasa yang ditawarkan dalam kegiatan perekonomian. Untuk mencapai tujuan tersebut perusahaan dituntut untuk bisa lebih efisien dan efektif dalam mengelola sumber daya yang ada, agar dapat mengabsolutkan pengaruhnya didalam ekosistem bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pada karyawan bagian produksi PT Harapan Sejahtera Karya Utama Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Dengan Populasi dalam penelitian ini berjumlah 256 karyawan tetap bagian produksi PT. Harapan Sejahtera Karya Utama Sidoarjo. Kemudian Penarikan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Dengan margin error sebanyak 10% maka dapat diketahui bahwa jumlah responden yang ditetapkan ialah berjumlah 71 responden karyawan bagian produksi PT Harapan Sejahtera Karya Utama. Data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder. Sedangkan analisis yang dipergunakan adala Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja; 2) lingkungan kerja tidak berpengaruh (negatif) terhadap kepuasan kerja; dan 3) motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja.
The Effectiveness of the Zakat, Infaq and Alms (ZIS) Fund Distribution Program in the Form of Scholarships for Underprivileged Muslim Students by the Amil Zakat Agency National (BAZNAS) Langkat Regency in 2020 Nurma Hasanah; Imsar Imsar; Suwandi Suwandi
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.195 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.717

Abstract

The purpose of this study was to determine (1) the effectiveness of the zakat, infaq and alms (ZIS) distribution program in the form of scholarships, (2) the challenges faced in distributing zakat, infaq and alms (ZIS) funds in the program, (3) efforts made in overcoming the attacks of zakat, infaq and alms (ZIS) funds in the scholarship program. Data collection in this study used the method of documentation and semi-structured interviews. The results of this study indicate that the level of effectiveness of the zakat, infaq and alms (ZIS) fund distribution program in the form of scholarships is in the ineffective category, this is because scholarship funds become victim grant funds during the pandemic. Keywords: Effectiveness, scholarships, ZIS
Pegadaian Digital Service Ning Karnawijaya; Siti Rokhaniyah
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.801 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.718

Abstract

This study aims to determine the effect of Pegadaian Digital Service (PDS) on the financial inclusion of sharia business segments. The study was conducted using secondary data and analyzed by quantitative and qualitative methods. Quantitative method used the t-test to determine the significance of the effect of PDS on the financial inclusion of sharia business segments. The t-test was conducted two years before the release of PDS (2016-2017) and the two years after released of PDS (2018-2019). Sharia business segments in this study are sharia pawn bussiness (rahn) and micro fiducia sharia business (Arrum and Amanah). Furthermore, qualitative analysis is to find the right modeling for optimizing PDS in increasing financial inclusion in sharia business segments. The results showed that in the two years after the released of PDS the turnover, outstanding loan, and mu'nah revenue had a very significant increasing. There were strong correlations and significant differences in the achievement of turnover, outstanding loans, and mu’nah revenue between before and after the PDS, both in sharia pawn business (Rahn), Arrum and Amanah products. The results of empirical testing proved that PDS was supporting the acceleration of financial inclusion programs, especially in the sharia business segment at PT. Pegadaian. Optimizing PDS in increasing financial inclusion in sharia business segments can be done by developing a product based PDS optimization model.
Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Financial Distress pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2020 Titi Juliani; Risal Rinofah; Pristin Prima Sari
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.878 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh rasio likuiditas (Current Ratio), profitabilitas (Return On Assets), leverage (Debt To Asset Ratio), dan rasio aktivitas (Total Aset Turn Over) terhadap financial distress pada perusahaan sub sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah financial distress dan variabel independen dalam penellitian ini adalah likuiditas, profitabilitas, leverage, dan aktivitas. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan data sekunder. Data diperoleh dari perusahaan sub sektor industri makanan dan minuman dari tahun 2016-2020 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggunakan Regresi Linear Berganda yang menggunakan SPSS 20. Variabel Financial Distress di prioksikan menggunakan rumus Altman Z-Scored. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, aktivitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial distress, sedangkan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap financial distress. Kata-kata Kunci: Financial Distress, Likuiditas, Profitabilitas, Leverage, Aktivitas.
Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata (Studi Pada Bata Plaza Surabaya) Masum Johari; Supriyono Supriyono
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.282 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.721

Abstract

Dengan adanya perubahan teknologi yang semakin pesat dapat mengakibatkan persaingan bisnis yang keketatannya lebih tinggi lagi diantara para pebisnis yang memiliki perusahaan atau produk barang dan jasa sejenis. Oleh karena itu diperlukan strategi yang baik untuk dapat meningkatkan bisnisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengetahui relasi/hubungan dari diferensiasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu Bata di Plaza Surabaya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif yang menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pembeli sepatu Bata di Plaza Surabaya yang usianya lebih dari 17 tahun. Kemudian teknik non probability sampling adalah teknik yang dipergunakan oleh peneliti dengan metode purposive sampling. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah yaitu 70 orang pembeli sepatu Bata di Plaza Surabaya. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis yang dipergunakan adala Partial Least Square (PLS). Dimana hasil dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa diferensiasi produk berpengaruh positif pada keputusan pembelian dan citra merek berpengaruh positif pada keputusan pembelian.
Pengaruh Sale Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion sebagai Variable Intervening pada Konsumen Matahari Department Store Yogyakarta Oktamia Asri Ivo; Henny   Welsa; Putri Dwi Cahyani
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.502 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.724

Abstract

There is knowledge about the analysis of the influence of sales store atmosphere and sales promotion on impulse buying and positive emotion in Matahari Department Store Yogyakarta. Non-probability sampling method and purposive sampling technique using Matahari Department Store consumers as many as 100 consumers as respondents. The questionnaire which is the instrument in this study was analyzed using SPSS 25. The researcher took the result that positive emotion was not positively influenced by sales promotion. Positive emotion is positively influenced by store atmosphere. Impulse buying is not positively influenced by sales promotion. Impulsive buying is also not positively influenced by the store atmosphere. Meanwhile, impulsive buying is significantly influenced by the positive emotion variable. Keywords: Sale Promotion, Store Atmosphere, Positive Emotion, Impulsive Buying
Pengaruh DER, ROA, dan DPR Terhadap Return Saham Sektor Utilitas, Insfrastruktur, dan Transportasi. Nova Dwi Andriyanto; Alfiatul Maulida; Sri Hermuningsih
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.323 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.725

Abstract

Stock return is one of the triggers in the investment process, stock returns are often used as a measurement tool by investors in making comparisons of investment alternatives, this can help investors to know the company's success before investing. The purpose of this study is to examine and analyze empirically the effect of Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Dividend Payout Ratio on stock returns. The selection of scientific study data is collected by companies on the Indonesia Stock Exchange for the 2015-2020 period. The sample collection technique used is purposive sampling technique, with only 9 (nine) companies that meet the analysis criteria using the classical assumption test and multiple linear regression analysis techniques using SPSS 21 software. This is according to the classical assumption test and the fit test of the regression model which results in a data that can be used for analysis. The conclusion of the study shows that Return on Assets is able to influence positively and significantly, while the Debt to Equity Ratio and Dividend Payout Ratio have no effect on stock returns. Keywords: Debt to equity ratio;Return On Assets; Dividend Payout Ratio; Stock return.
Analisis Hukum Islam terhadap Penyelesaian Sengketa Tunggakan Dalam Jual Beli Angsuran Tanah Kavling Melalui Nonlitigasi Juwita Nur Safitri; Muhammad Iqbal Fasa; A. Kumedi Ja’far
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.899 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.739

Abstract

Kegiatan muamalah merupakan kegiatan yang melibatkan setiap anggota masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sebagaimana yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Margo Leastari Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan yang melakukan praktik jual beli angsuran tanah kavling. Perjanjian jual beli angsuran tersebut melibatkan dua pihak, yakni pihak debitur (penjual tanah) dengan pihak kreditur (pembeli tanah), jual beli tersebut dilakukan secara angusran atau menggunakan sistem cicilan. Praktik jual beli kredit tanah kavling tersebut ditetapkan dalam sebuah perjanjian yang memuat jumlah dan besaran cicilan, jangka waktu serta hak dan kewajiban setiap pihak yang harus dipenuhi. Apabila terdapat hal yang penting namun belum tertulis dalam perjanjian, kedua belah pihak harus membuat kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak. Salah satu masalah yang terjadi dalam praktik tersebut adalah terkait sengketa tunggakan, dalam perjanjian tidak terdapat pasal mengenai penghapusan uang muka apabila terjadi tunggakan dalam pembayaran cicilan, sedangkan debitur melakukan penghapusan uang muka secara sepihak tanpa kesepakatan kreditur apabila kreditur mengalami tunggakan dalam pembayan angsuran dalam jual beli tanah kavling.
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Berinvestasi Pada Asuransi Jiwa di Kota Palembang Resa Novita; Isni Andriana; Kemas M Husni Thamrin
Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah
Publisher : Research and Strategic Studies Center (Pusat Riset dan Kajian Strategis) Fakultas Syariah IAI Nasional Laa Roiba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.21 KB) | DOI: 10.47467/alkharaj.v4i3.740

Abstract

The purpose of this research is to analyze the effect perceptions about financial literacy factors against the investment decisions on life insurance in Palembang. The population in this study is the owner of life insurance in Palembang, the sampling in this study is using the Purposive Sampling method with 50 respondents as samples. The type of research used is quantitative research with primary data sources obtained from distributing questionnaires to respondents. The data analysis technique in this research are descriptive and inferential statistical analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with smartPLS (Partial Least Square) 3.0 software. The results showed that the perception of age and gender has no significant effect against the investment decisions on life insurance in Palembang, meanwhile the perception of education level and income have a significant effect against the investment decisions on life insurance in Palembang. Keywords: Age, Gender, Level of Education, Income, Investment Decisions

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 6 No 3 (2024): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 6 No 2 (2024): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 6 No 1 (2024): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 5 No 6 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 5 No 5 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 5 No 4 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah  Vol 5 No 3 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 5 No 2 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 5 No 1 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah (In Press) Vol 5 No 1 (2023): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 6 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 5 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah (in Press) Vol 4 No 5 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 4 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 3 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 2 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 4 No 1 (2022): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 3 No 3 (2021): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 3 No 2 (2021): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 3 No 1 (2021): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 2 No 2 (2020): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 2 No 1 (2020): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 1 No 2 (2019): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah Vol 1 No 1 (2019): Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah More Issue